Daftar Harga Ikan Lencam Terbaru Februari 2024

Total
0
Shares
Harga Ikan Lencam
Harga Ikan Lencam
Updated on January 02, 2024 2:41 pm

Penjualan ikan lencam di beberapa daerah di Indonesia cukup banyak. Ikan lencam bisa diolah menjadi beberapa menu makanan yang lezat dan bergizi. Kisaran harga ikan lencam sangat bervariasi. Ikan lencam biasa dijual dalam variasi beratnya.

Ada juga yang dijual dalam bentuk bagian tubuh seperti bagian kepala atau ekor. Jenis ikan lencam ini banyak ditemukan di perairan laut dangkal berpasir pantai dan patahan karang di lautan. Dalam penjualannya, ikan lencam dijual dalam rekomendasi daftar harganya di bawah ini.

Harga Ikan Lencam Februari 2024

Informasi terkait harga lencam tidak terlalu banyak. Akan tetapi bisa dirangkum dalam beberapa rekomendasi seperti pada daftar berikut.

Beli Ikan Lencam: Cek di Shopee

Ikan Lencam Segar dan Frozen

Ikan Lencam Segar dan Frozen
JenisBeratHarga
Ikan lencam segar500 gRp. 44.000 – Rp. 49.000
Ikan lencam segar1 kgRp. 69.000 – Rp. 79.000
Ikan lencam frozen500 gRp. 49.000 – Rp. 59.000
Ikan lencam frozen1 kgRp. 74.000 – Rp. 84.000
Ikan lencam segar dan frozen

Kepala Ikan Lencam Segar dan Frozen

JenisBeratHarga
Kepala ikan lencam segar500 gRp. 40.000 – Rp. 54.000
Kepala ikan lencam segar1 kgRp. 69.000 – Rp. 79.000
Kepala ikan lencam frozen500 gRp. 49.000 – Rp. 59.000
Kepala ikan lencam frozen1 kgRp. 74.000 – Rp. 84.000
Kepala Ikan Lencam Segar dan Frozen

Ikan Lencam Fillet

JenisBeratHarga
Ikan lencam fillet500 gRp. 69.000 – Rp. 79.000
Ikan lencam fillet1 kgRp. 104.000 – Rp. 114.000
Ikan Lencam Fillet

Ikan Lencam Slice (Potongan)

JenisBeratHarga
Ikan lencam slice200 gRp. 44.000 – Rp. 49.000
Ikan lencam slice500 gRp. 66.000 – Rp. 79.000
Ikan lencam slice1 kgRp. 94.000 – Rp. 114.000
Ikan Lencam Slice (Potongan)

Harga ikan lencam di atas bisa berubah kapan saja tergantung permintaan pasar ikan lencam dan kondisi pasar itu sendiri. Tentunya akan terdapat sedikit perbedaan harga di atas dengan harga pasar dalam waktu tertentu.

Cara Memilih Ikan Lencam

Ikan lencam yang baik menentukan kualitas ikan lencam yang akan dikonsumsi. Harga lencam yang mahal biasanya mempunyai kualitas terbaik dan sangat baik bagi tubuh. Jadi, jangan sampai tertipu dengan harga yang murah, akan tetapi kualitas ikan sudah berkurang.

1. Perhatikan Kondisi Tubuh Ikan

Tubuh Ikan Lencam

Saat membeli ikan lencam, Anda harus perhatikan kondisi tubuh ikan lencam. Ikan lencam segar dan layak konsumsi tentunya ikan yang masih hidup dan mempunyai sisik yang tidak terlepas dari dagingnya. Apabila ikan yang dijual sudah tidak bersisik, maka ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Apabila ingin mengkonsumsi ikan dengan kualitas yang baik, sangat disarankan untuk membeli ikan lencam yang segar daripada jenis lainnya. Ikan lencam segar banyak dijual di pasar tradisional bahkan di supermarket juga sudah tersedia ikan lencam segar.

2. Perhatikan Mata Ikan

Mata Ikan Lencam

Kondisi mata ikan yang masih segar adalah berwarna bening atau cerah dan tidak terasa lunak atau keras pada saat ditekan. Jika menemukan ikan dengan mata yang lunak atau keras, maka dapat dipastikan bahwa ikan lencam tersebut sudah lama dan tidak segar lagi.

3. Warna Insang Masih Merah

Warna ikan insang juga menentukan kualitas dari ikan lencam yang akan dibeli. Insang ikan segar masih berwarna merah dan berbau segar. Apabila warna insang ikan sudah berubah menjadi berwarna coklat atau abu-abu, maka ikan lencam tersebut sudah tidak segar lagi.

Untuk itu hindari kondisi ikan lencam seperti ini, karena ikan dengan kondisi demikian akan cepat busuk dan cita rasa saat dimasak juga akan berkurang.

4. Tekan Daging Ikan

Untuk mengetahui apakah ikan tersebut segar atau tidak dapat dilakukan dengan cara menekan daging ikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Ikan lencam yang masih segar mempunyai tekstur yang padat, elastis dan kenyal apabila ditekan.

Ikan lencam yang sudah tidak segar akan terasa lembek atau lunak. Kemudian pada saat dipotong, ikan lencam tidak lagi berdarah segar. Bisa jadi ikan tersebut sudah diberi es batu dan kualitas daging sedikit berkurang.

Apabila ingin membeli ikan dalam kondisi beku atau frozen (sudah diberi es batu), maka harus segera dimasak atau disimpan di dalam kulkas. Namun, penyimpanan di dalam kulkas jangan sampai terlalu lama. Hal ini bisa mengurangi cita rasa dari ikan lencam.

5. Adanya Lendir Bening Tidak Berbau

Ikan segar masih mempunyai lendir bening di tubuhnya. Lendir ini tersebar di seluruh tubuh ikan kecuali bagian insang dan tidak menimbulkan bau amis. Jika lendir bening sudah sampai masuk ke bagian insang, maka ikan lencam sudah tidak segar lagi.

Ikan yang tidak segar sangat tidak baik bagi kesehatan dan sebisa mungkin dihindari untuk dibeli. Selain itu, saat warna lendir berubah menjadi kusam dan gelap, ini menandakan bahwa ikan lencam sudah mulai membusuk dan menjadi bahaya apabila dimakan.

6. Berbau Masih Segar

Pada umumnya, ikan identik dengan bau amis. Namun, dalam kondisi yang masih segar ikan cenderung tidak berbau dan beraroma segar seperti bau laut. Aroma atau bau ikan ini berasal dari enzim yang berperan dalam proses pencernaan ikan.

Ikan berbau amis yang cukup kuat menandakan ikan tersebut sudah mengalami pembusukan dan berbahaya saat dikonsumsi. Untuk menjaga kesegaran ikan, maka penyimpanan ikan harus diperhatikan dan jangan terlalu lama dalam menyimpannya.

7. Tenggelam Saat Berada di Air

Ikan lencam segar saat dimasukkan ke dalam air akan tenggelam. Jika ikan tersebut mengambang atau mengapung, maka ikan sudah tidak segar, kualitasnya sudah berkurang bahkan sudah membusuk. Oleh karena itu, hindari membeli ikan lencam yang sudah mengambang atau mengapung.

Penutup

Sekilas tentang daftar harga ikan lencam dan cara memilihnya bisa menjadi referensi sebelum membeli ikan lencam. Olahan ikan lencam yang mudah dan sederhana menjadikan ikan ini banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh olahan ikan lencam akan menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi. Oleh karena itu, permintaan ikan lencam terus meningkat setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like