Daftar Harga Kepiting Rajungan Terbaru Februari 2024

Total
0
Shares
Harga Kepiting Rajungan
Harga Kepiting Rajungan
Updated on January 02, 2024 2:41 pm

Kepiting rajungan merupakan hidangan laut bercapit yang cukup populer di masyarakat. Permintaan rajungan dari waktu ke waktu semakin meningkat, serta harga kepiting rajungan juga menjadi pertimbangan bagi setiap orang yang membelinya.

Selain menghasilkan hidangan yang lezat, kepiting rajungan bermanfaat bagi kesehatan dalam mencegah radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat inilah yang membuat permintaan kepiting rajungan semakin meningkat. Selengkapnya terkait daftar harga rajungan seperti di bawah ini.

Harga Kepiting Rajungan Februari 2024

Penetapan harga untuk kepiting rajungan di setiap daerah terdapat sedikit perbedaan. Kemudian kepiting rajungan ini ada yang dijual dalam bentuk dagingnya saja. Bahkan cangkangnya juga dijual dalam bentuk tepung. Berikut ini beberapa daftar harganya:

Beli Kepiting Rajungan: Cek di Shopee

Harga Rajungan di Cirebon

Harga Rajungan di Cirebon

Di daerah Cirebon, kepiting rajungan sebanyak 1 kg dijual dengan harga mulai dari Rp. 94.000 sampai dengan Rp. 192.000. Kisaran harga ini bergantung pada jenis kepiting rajungan yang dijual. Biasanya kepiting rajungan berwarna merah lebih mahal daripada berwarna gelap atau hitam.

Kepiting rajungan di Cirebon juga ada yang dijual per-pieces atau per-ekornya. Untuk ukuran kepiting rajungan 5-6 cm, sebanyak 100 ekor dijual pada kisaran harga Rp. 104.000 sampai Rp. 114.000.

Harga Kepiting Rajungan di Lampung

Tidak jauh berbeda dengan di Cirebon, harga rajungan di Lampung per-kg dijual mulai dari Rp. 104.000 – Rp. 192.000. Kebanyakan jenis kepiting rajungan yang dijual di lampung adalah kepiting rajungan berwarna gelap.

Kemudian harga kepiting jenis rajungan ini juga bergantung pada ukuran kepiting. Semakin besar ukuran kepiting, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

Harga Rajungan di Surabaya

Penjualan kepiting rajungan di Surabaya cukup tinggi. Harga jual kepiting rajungan berukuran sedang sebanyak 1 kg berada pada kisaran Rp. 197.000 hingga Rp. 232.000. Sedangkan kepiting rajungan berukuran sedang, harga 1 kg-nya adalah Rp. 392.000 – Rp. 432.000.

Harga Rajungan di Pasar

Pembahasan sebelumnya adalah kisaran harga rajungan secara umum di beberapa daerah. Kini akan dibahas beberapa kisaran harga rajungan yang dijual di pasar tradisional. Harga di pasar ini tentunya lebih murah dan sangat terjangkau.

Perbedaan ini cukup signifikan, karena penjualan di pasar tradisional adalah pasokan kepiting rajungan yang langsung dari nelayan. Di pasar daerah Lampung, kepiting rajungan bisa dijual per-kgnya hanya Rp. 29.000 hingga Rp. 34.000 saja.

Sedangkan di pasar tradisional Surabaya, pada umumnya kepiting rajungan dijual mulai dari Rp. 64.000 hingga Rp. 114.000. Untuk daerah Cirebon harga kepiting rajungan dibanderol mulai dari Rp. 104.000 sampai Rp. 152.000.

Harga Daging Kepiting Rajungan

Harga Daging Kepiting Rajungan

Variasi penjualan kepiting rajungan ada dua bentuk, pertama kepiting rajungan dijual bersama cangkangnya dan yang kedua dijual dalam bentuk dagingnya saja. Daging kepiting rajungan biasanya dijual pada kisaran harga Rp. 94.000 – Rp. 114.000 untuk berat 500 g.

Sedangkan untuk 1 kg daging rajungan harganya bisa mencapai Rp. 392.000. Kualitas kepiting rajungan sangat menentukan harga daging yang dijual.

Harga Tepung Cangkang Rajungan

Kepiting rajungan yang hanya dijual dagingnya, ternyata cangkang sisanya bisa dimanfaatkan menjadi tepung cangkang rajungan. Tepung ini nantinya bisa digunakan sebagai pakan ternak. Harga tepung cangkang rajungan ini untuk 1 kg tepung biasanya berada pada kisaran Rp. 17.000 – Rp. 34.000.

Cara Memilih Kepiting Rajungan

Pemilihan kepiting rajungan harus diperhatikan dengan baik. Kualitas kepiting rajungan yang baik menentukan harga rajungan yang dijual. Semakin baik kualitasnya, maka nutrisi kepiting yang didapatkan juga akan semakin banyak. Berikut ini cara memilih kepiting rajungan yang baik.

Perhatikan Kelengkapan Jari-jarinya

Perhatikan Kelengkapan Jari-jarinya

Kepiting rajungan dengan kualitas baik dan masih segar mempunyai jumlah jari-jari yang masih lengkap dan capitnya yang belum putus. Jadi usahakan saat membeli kepiting rajungan, periksa jumlah jari dan keadaan capitnya.

Perhatikan Mata Kepiting Rajungan

Tanda bahwa kepiting rajungan masih segar dan masih hidup dapat dilihat dari matanya yang masih bergerak masuk dan keluar. Selain itu, pergerakan jari-jarinya juga bisa menjadi patokan bahwa kepiting masih segar dan layak untuk dimakan.

Warna Kepiting Rajungan

Warna Kepiting Rajungan

Selain jari-jari dan mata, warna kepiting rajungan juga perlu diperhatikan. Warna cangkang kepiting rajungan yang mengkilap dan terang perlu dihindari. Pilihlah kepiting rajungan dengan warna yang kusam dan tergores.

Warna kepiting rajungan yang lebih kusam ini menandakan bahwa kepiting sudah siap untuk pergantian kulit dan mempunyai daging yang banyak dan lebih padat.

Tekan Bagian Sikunya

Bagian siku kepiting juga perlu dicek. Kepiting rajungan yang baik mempunyai siku yang lembut dan saat ditekan akan kembali ke bentuk semua. Ini menandakan bahwa cangkang kepiting masih berisi daging penuh.

Periksa Bagian Bawah Badan Kepiting Rajungan

Bagian bawah dari badan kepiting rajungan perlu diperiksa untuk memastikan jenis kelamin kepiting tersebut adalah jantan atau betina. apabila pada bagian perut menunjukkan alur berbentuk segitiga dan runcing, maka kepiting tersebut adalah kepiting rajungan jantan.

Sedangkan untuk kepiting rajungan betina, alur bagian bawah perutnya cenderung berbentuk bulat. Apabila saat ditekan perut bagian bawah terasa keras, maka kepiting mempunyai daging yang padat. Kepiting dengan perut kosong, pada saat ditekan perutnya tidak dapat kembali seperti semula.

Penutup

Daftar harga kepiting rajungan di atas bisa saja terjadi perubahan apabila harga pasar juga bergeser. Perlu diingat, harga rajungan yang cukup tinggi dikarenakan oleh kualitas kepiting yang sangat baik. Untuk itu, perlu diperhatikan cara memilihnya agar tidak sampai tertipu dengan harga yang murah.

Jadi, saat ditawarkan harga yang agak tinggi saat membeli kepiting rajungan maka ini adalah hal yang wajar. Anda harus lebih waspada jika ditawarkan harga yang sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like