Daftar Harga belut Terbaru Februari 2024

Total
0
Shares
Harga belut
Harga belut
Updated on January 02, 2024 2:41 pm

Ikan belut merupakan salah satu jenis ikan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti keripik belut atau olahan lainnya. Harga belut yang masih hidup dan segar tentu saja berbeda dengan belut yang sudah diolah menjadi makanan atau camilan.

Berapa harga ikan belut segar yang dijual di pasaran? Berapa harga berbagai jenis makanan olahan dari ikan belut? Jika penasaran, maka simak langsung artikel lengkap tentang harga olahan ikan belut dan ikan belut segar di bawah ini!

Harga Belut dan Makanan Olahannya Februari 2024

Beli Ikan Belut: Cek di Shopee

Berikut ini daftar harga makanan hasil olahan ikan belut dan harga belut segar yang belum diolah, yaitu:

Harga Belut Hidup di Pasaran per Kilo

Belut hidup dapat dengan mudah ditemukan dan dibeli di pasar tradisional terutama ketika musim panennya. Para pedagang biasanya menjual ikan belut hidup segar per kilo. Anda bisa membeli belut segar dan mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan atau camilan.

Belut memang merupakan ikan yang bisa diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, digoreng, ditumis, dan lainnya. Lalu, berapa harga ikan belut 1 kg? Ikan belut segar yang masih hidup biasanya dijual dengan harga kurang lebih Rp. 99.000 per kilo.

Sementara itu, harga umum belut di pasaran yang berukuran kecil-kecil harganya lebih mahal, kurang lebih Rp. 177.000 per kilo. Satu kilo belut berukuran kecil-kecil berisi kurang lebih 25 hingga 50 ekor belut, tergantung besar atau berat masing-masing belut.

Ikan belut sawah hidup dijual dengan harga berbeda. Berapa harganya? Harga belut liar sawah yang masih hidup dan segar dijual dengan harga kurang lebih Rp. 84.000 hingga Rp. 152.000 per kilo. Ketika membeli satu kilo belut sawah, Anda bisa mendapatkan kurang lebih 20 hingga 30 ekor ikan belut.

Belut sawah memang memiliki harga cenderung lebih mahal daripada belut hasil budidaya. Mengapa? Hal ini karena daging ikan belut sawah dianggap lebih manis dan gurih setelah diolah.

Harga Keripik Belut Per Kg

Ikan belut dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan maupun camilan. Salah satu jenis makanan olahan dari ikan belut yang paling sering dicari adalah keripik belut. Rasanya gurih dan teksturnya yang renyah membuat keripik belut digemari banyak orang.

Anda bisa membuat keripik belut sendiri atau membelinya di pasaran. Keripik belut dijual dengan harga kurang lebih Rp. 187.000 per kg. Namun, keripik belut kemasan ada juga yang dijual lebih mahal hingga mencapai Rp. 242.000 per kg.

Harga keripik belut kemasan per kg memang cukup bervariasi tergantung banyak faktor. Pada umumnya keripik belut yang sudah dikemas dan memiliki label jualan khusus memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan keripik belut kemasan biasa.

Selain dijual per kg, keripik belut juga dijual dengan kemasan 100 gram atau 250 gram. Keripik belut kemasan 100 gram dijual dengan harga kurang lebih Rp. 34.000. Sementara itu, keripik belut kemasan 250 gram dapat dibeli dengan harga sekitar Rp. 54.000 hingga Rp. 74.000.

Harga Susu Belut di Makassar

Susu belut merupakan salah satu minuman herbal yang terbuat dari berbagai rempah alami. Misalnya, daun pepaya, akar pepaya, temu hitam, rimpang jahe, temulawak, dan berbagai jenis rempah-rempah lainnya.

Susu belut memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan, menambah berat badan, membantu meredakan berbagai jenis penyakit, dan lain sebagainya.

Di Makassar, susu belut dijual dengan harga kurang lebih Rp. 54.000 hingga Rp. 74.000untuk kemasan 150 gram. Selain itu, susu belut juga dijual dalam kemasan 100 gram dengan harga kurang lebih Rp. 34.000 hingga Rp. 44.000.

Cara Memilih Ikan Belut Hidup yang Segar

Jika ingin mengolah ikan belut sendiri, maka Anda harus beli belut hidup dan masih segar. Lalu, bagaimana cara untuk memilih ikan belut yang masih segar dan baik untuk diolah? Ikuti beberapa tips cara memilih ikan belut di bawah ini!

1. Perhatikan Kondisi Mata Belut

Tips cara pertama untuk mendapatkan ikan belut yang masih segar adalah melihat kondisi mata belut. Belut yang segar memiliki mata yang bening dan bentuknya terlihat cembung. Jangan pilih belut yang memiliki kondisi mata kusam, berwarna merah, dan cenderung cekung.

2. Perhatikan Kulit Belut

Kulit belut yang masih segar akan terlihat lebih cerah. Permukaan kulitnya juga dilapisi oleh lendir tipis, segar, dan rata.

3. Cium Aroma Belut

Cobalah untuk mencium aroma belut untuk mengetahui apakah belut tersebut masih segar atau tidak. Belut yang masih segar cenderung memiliki baik segar atau tidak terlalu amis.

4. Perhatikan Daging Belut

Jika ingin membeli ikan belut segar yang sudah dipotong-potong, maka Anda bisa memperhatikan dagingnya. Daging belut yang masih segar cenderung terlihat atau terasa kenyal. Selain itu, daging belut segar juga masih melekat kuat pada tulangnya.

Anda juga bisa mengetahui kondisi daging ikan belut segar dengan memasukkannya ke dalam air. Daging belut yang masih segar akan tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air.

Penutup

Harga belut segar maupun makanan hasil olahannya dapat berubah-ubah karena berbagai faktor. Misalnya, harga benih ikan belut, hasil panen, kondisi pasar, dan berbagai faktor lainnya. Selain itu, harga ikan segar atau makanan olahannya juga bisa berbeda di masing-masing daerah.

Namun, secara keseluruhan harga belut segar atau makanan olahannya masih cukup terjangkau. Selain harganya terjangkau, cita rasa ikan belut juga enak/ lezat, sehingga tidak heran banyak orang menyukai jenis ikan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like