Daftar Harga Ikan Arapaima Terbaru Februari 2024

Total
0
Shares
Harga Ikan Arapaima
Harga Ikan Arapaima
Updated on January 02, 2024 2:41 pm

Ikan arapaima merupakan salah satu jenis ikan air tawar berukuran raksasa dan termasuk hewan predator. Harga ikan arapaima yang mendapat julukan sebagai monster laut ini dibanderol cukup mahal dan disesuaikan dengan ukurannya.

Ikan arapaima atau ikan pirarucu yang berasal dari sungai Amazon ini biasanya dijadikan sebagai ikan hias di akuarium dan kolam. Untuk mengetahui harga arapaima secara lebih lengkap, mari simak ulasan berikut ini.

Harga Ikan Arapaima Terbaru Februari 2024

Ikan arapaima memang mulai banyak diminati di pasar Indonesia. Karena tingginya permintaan pasar dan pasokan ikan arapaima yang masih terbilang langka, maka tidak mengherankan jika harga jual ikan arapaima terbilang mahal.

Harga Ikan Arapaima Termahal

Ikan Arapaima Termahal

Ikan arapaima dibanderol dengan harga yang beragam sesuai dengan ukuran tubuhnya. Ikan arapaima dibanderol dengan nominal kisaran Rp. 6.042.000 hingga Rp. 8.042.000 per ekornya dengan ukuran tubuh 150-200 cm.

bahkan, ikan arapaima termahal di Indonesia dibanderol dengan harga Rp. 26.042.000 per ekor untuk jenis Arapaima Gigas berukuran 2 meter.

Harga Ikan Arapaima Berdasarkan Ukuran

Sebagai salah satu jenis ikan yang masih langka di Indonesia, ikan arapaima dibanderol dengan harga yang terbilang mahal mulai dari Rp. 842.000 untuk anakan 10 cm. Untuk mengetahui harga ikan arapaima per ekor, berikut ini daftar kisaran harga terbaru berdasarkan ukurannya.

Jenis Ikan ArapaimaUkuranKisaran Harga per Ekor
Arapaima Anakan10 cmRp. 892.000
Arapaima Anakan15 cmRp. 1.037.000
Arapaima Anakan20 cmRp. 1.292.000
Arapaima Kecil40 cmRp. 1.692.000
Arapaima Kecil50 cmRp. 2.292.000
Arapaima Kecil60 cmRp. 3.092.000
Arapaima Kecil70 cmRp. 3.592.000
Arapaima Kecil80 cmRp. 4.092.000
Arapaima Besar100 cmRp. 4.592.000
Arapaima Besar120 cmRp. 5.092.000
Arapaima Besar150 cmRp. 6.092.000
Arapaima Besar200 cmRp. 8.142.000
Harga Ikan Arapaima Berdasarkan Ukuran

Harga Bibit Ikan Arapaima

Bagi Anda yang tertarik memelihara ikan arapaima, Anda bisa memilih membeli bibit ikannya saja. Harga bibit atau benih ikan arapaima dibanderol cukup murah yaitu kisaran Rp. 242.000 per ekor. Bibit ikan arapaima ini juga bisa dipelihara di akuarium terlebih dahulu.

Namun, jika nantinya ukurannya sudah semakin besar, maka ikan arapaima bisa dipindahkan ke kolam yang lebih besar. Ikan arapaima bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan tenaga yang kuat sehingga berbahaya jika dipelihara di akuarium.

Cara Memilih dan Memelihara Bibit Ikan Arapaima yang Tepat

Sebagai salah satu spesies ikan yang masih langka dan berbahaya, bibit ikan arapaima memang masih sulit ditemukan di pasaran. Anda harus memesan bibit ikan dari kolektor ikan arapaima terlebih dahulu. Nah, berikut ini cara memilih dan memelihara bibit ikan arapaima yang tepat.

Pilih Bibit yang Bergerak Lincah

Bibit arapaima yang bagus dan sehat biasanya dapat berenang dengan lincah. Jika pergerakannya kurang lincah, maka kemungkinan bibit ikan tersebut mengalami cacat dan kurang bagus untuk dipelihara.

Periksa Tampilan Fisik Ikan

Sama halnya seperti membeli bibit ikan pada umumnya, pemilihan bibit ikan arapaima juga harus dilakukan dengan tepat. Karena harga ikan arapaima dewasa yang mahal, maka sebelum memutuskan untuk membeli bibit sebaiknya cek terlebih dahulu fisik ikan.

Periksa seluruh tubuh ikan arapaima dengan teliti dan cermat. Pilihlah bibit ikan arapaima yang memiliki tubuh mulus dan tidak ada cacat sedikitpun. Bibit ikan dengan fisik yang mulus dan tidak ada cacat sama sekali lebih berpeluang untuk tumbuh dengan maksimal di kemudian hari.

Lakukan Pemeliharaan yang Tepat

Setelah memilih bibit atau anakan ikan arapaima yang bagus dan sehat, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan yang baik dan tepat agar bibit ikan dapat tumbuh dengan maksimal.

Jika Anda memelihara bibit ikan arapaima di akuarium, maka pastikan air di akuarium dalam kondisi yang bersih. Selain itu, pastikan pH airnya seimbang dan suplai oksigennya tercukupi agar bibit arapaima dapat tumbuh dengan maksimal.

Beri Makanan yang Sesuai

Sebagai salah satu jenis ikan karnivora, Anda tentunya harus memberikan makanan untuk ikan arapaima berupa ikan kecil atau hewan kecil lainnya. Jika ukuran tubuhnya sudah besar, Anda bisa memberinya makanan berupa ikan lele atau jenis ikan lainnya.

Pastikan asupan makanan untuk ikan arapaima tercukupi dengan baik agar pertumbuhannya lebih maksimal. Selain itu, jika ukuran ikan sudah besar, pastikan untuk mencukupi pasokan makanan dengan cukup karena ikan arapaima termasuk hewan predator yang agresif dan berbahaya.

Jumlah asupan makanan yang dibutuhkan untuk seekor ikan arapaima besar yaitu kisaran 10 kg ikan per harinya. Jika asupan makanan tidak tercukupi, maka kemungkinan ikan arapaima dapat memangsa hewan bahkan melukai orang-orang di sekitar.

Sediakan Kolam yang Luas dan Dalam

Ketika bibit ikan arapaima sudah tumbuh besar, maka Anda wajib menyiapkan kolam yang dalam dan luas. Pastikan juga bahwa kolam yang digunakan dalam kondisi bersih dan tercukupi pasokan oksigennya.

Perlu diketahui juga bahwa ikan arapaima ini juga membawa parasit protozoa yang membahayakan kesehatan manusia. Seseorang yang mengalami infeksi akibat parasit protozoa ini bisa menderita penyakit giardiasis.

Penyakit ini akan ditandai dengan gejala berupa sakit perut, dehidrasi, diare, dan tinja yang berminyak. Tidak hanya dikenal sebagai ikan predator saja, ikan arapaima juga termasuk ikan yang berbahaya dan tidak layak dikonsumsi sehingga hanya cocok untuk hiasan saja.

Penutup

Dari ulasan di atas, Anda jadi makin paham dengan kisaran harga ikan arapaima di Indonesia baik anakan maupun besar, kan? Sebagai salah satu jenis ikan yang masih langka di Indonesia, harga yang dibanderol untuk ikan arapaima ini terbilang mahal.

Meskipun unik dan langka, ikan ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara secara pribadi karena sikapnya yang cenderung agresif dan berbahaya. Ikan ini juga membawa parasit protozoa yang membahayakan kesehatan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like