Harga Ikan Mujair Terbaru Februari 2024

Total
0
Shares
Harga Ikan Mujair
Harga Ikan Mujair
Updated on January 02, 2024 2:41 pm

Berbicara soal ikan konsumsi, Anda pastinya sudah nggak asing lagi dengan ikan mujair, kan? Selain karena rasanya dagingnya yang gurih dan lembut, harga ikan mujair relatif terjangkau dibandingkan harga ikan tuna atau salmon.

Nggak hanya itu saja, ikan yang pertama kali ditemukan di Blitar ini juga sudah menjadi salah satu komoditas budidaya sehingga harganya stabil dan mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Untuk mengetahui harga bibit dan ikan mujair besar, yuk simak ulasan berikut ini.

Daftar Harga Ikan Mujair Februari 2024

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki toleransi besar terhadap garam sehingga bisa hidup di air payau. Karena menjadi salah satu komoditas budidaya, harga yang dibanderol untuk ikan mujair terbilang stabil dan ramah di kantong.

Beli Ikan Mujair: Cek di Shopee

Harga Mujair hitam

UkuranHarga
3- 5 cmRp. 930
5-6 cmRp. 1.080
7-8 cmRp. 1.280
8-10 cmRp. 9.500
2-3 jariRp. 12.000
4-5 jariRp. 13.000
Harga Mujair hitam

Harga Bibit Mujair Per 50 Biji

UkuranHarga
1-2 jariRp. 104.000
3-4 jariRp. 247.000
5-6 cmRp. 287.000
Harga Bibit Mujair Per 50 Biji

Harga Bibit Ikan Mujair

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan mujair, kualitas benih ikan tentunya sangat mempengaruhi hasil panen. Lalu, berapakah harga bibit ikan mujair? Harga bibit atau benih ikan mujair terbilang variatif tergantung ukuran dan jenis mujair.

Harga Ikan Mujair di Surabaya

Sebagai salah satu kota metropolitan, Surabaya memang menjadi kota dengan konsumsi yang tinggi, tak terkecuali dengan konsumsi ikan mujair. Harga ikan mujair per kg di kota Surabaya terbilang murah yaitu kisaran Rp. 41.000 per kilo.

Karena harganya yang terjangkau, ikan satu ini banyak ditemukan sebagai menu makanan di restoran mulai dari mujair goreng hingga bakar. Harga ikan ini juga biasanya lebih mahal kalau Anda membelinya di pasar modern seperti supermarket atau Superindo.

Harga Ikan Mujair di Jakarta

Harga mujair di Jakarta dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan Surabaya atau kota-kota lainnya. Ikan satu ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 44.000 per kilo. Lalu, 1 kg ikan mujair berapa ekor?

Untuk satu kilogram ikan mujair bisa terdiri dari 2-5 ekor tergantung ukuran per ekornya. Harga ikan ini juga bisa berbeda di pasar tradisional Jakarta dengan supermarket. Biasanya, harga ikan mujair di pasar dibanderol lebih murah dibandingkan supermarket.

Harga Ikan Mujair per Kg 2022

Sebagai salah satu ikan komoditas budidaya, ikan mujair memang sangat mudah ditemukan di pasar di berbagai kota di Indonesia. Harga mujair di setiap daerah juga berbeda-beda tergantung pasokan ikan dan kondisi pasar.

Daerah-daerah yang menjadi penghasil ikan mujair biasanya harga jual ikan mujair di pasaran juga lebih murah. Nah, berikut ini daftar kisaran harga mujair di berbagai daerah di Indonesia.



Nama Kota / Daerah

Kisaran Harga per Kg
SemarangRp. 40.000
PurwokertoRp. 41.000
YogyakartaRp. 40.000
BogorRp. 43.000
CirebonRp. 42.000
BandungRp. 43.000
PalembangRp. 43.000
PekanbaruRp. 42.000
PadangRp. 40.000
MedanRp. 42.000
BatamRp. 48.000
AcehRp. 41.000
MalangRp. 42.000
DenpasarRp. 47.000
MakassarRp. 44.000

Cara Memilih Ikan Mujair yang Segar dan Bagus

ikan mujair segar
ikan mujair segar

Ikan memang menjadi sumber protein hewani yang tinggi. Namun, kandungan nutrisi pada ikan juga bisa berkurang dan hilang kalau kondisi ikan sudah nggak segar lagi. Nah, berikut ini cara memilih ikan mujair yang masih segar dan kualitasnya bagus.

Aromanya Tidak Menyengat

Ikan mujair yang masih segar biasanya memiliki aroma khas ikan yang berbau air. Ikan yang masih dalam kondisi segar biasanya memiliki aroma yang tidak terlalu amis atau tidak menyengat. Kalau ikan yang ingin dibeli sudah beraroma amis yang menyengat, berarti ikan tersebut sudah nggak segar.

Kulit Ikan Tampak Cerah dan Mengkilap

ikan mujair segar
ikan mujair segar

Meskipun harga ikan mujair murah, namun sebelum memutuskan membelinya cek terlebih dahulu tampilan fisik ikannya. Perhatikan warna kulit ikan mujair apakah masih berwarna cerah atau sudah kusam.

Ikan mujair yang masih segar biasanya memiliki tampilan kulit yang mengkilap dengan sisik yang masih menempel erat. Namun, jika kulitnya sudah berkerut dan tampak pucat dengan sisik yang sudah gampang lepas, berarti ikan mujair tersebut sudah nggak segar lagi.

Insang Berwarna Kemerahan

Tanda lainnya kalau ikan mujair yang ingin dibeli masih segar yaitu tampilan insangnya. Kalau insang ikan masih berwarna kemerahan yang segar dan cerah, maka ikan tersebut masih dalam kondisi segar.

Namun, jika insangnya sudah terlihat pucat dan berlendir, berarti ikan mujair tersebut sudah nggak segar dan nggak layak dikonsumsi. Jadi, jangan dibeli, ya.

Dagingnya Masih Padat dan Elastis

Ikan mujair yang masih berkualitas bagus dan segar biasanya memiliki daging yang teksturnya masih padat dan elastis. Jadi, kalau dagingnya ditekan, maka akan kembali seperti bentuk semula dengan cepat.

Namun, jika daging ikan ditekan dan terasa lembek alias sudah nggak elastis lagi, maka hal tersebut menandakan kalau ikan mujair sudah nggak segar lagi.

Mata Masih Segar dan Menonjol

Sebelum membeli ikan mujair, pastikan untuk memeriksa bagian matanya. Ikan mujair yang masih segar biasanya memiliki mata yang tampak hitam cerah, jernih, dan menonjol. Namun, jika mata ikan sudah cekung dan berwarna buram, berarti ikan tersebut sudah nggak segar lagi.

Dengan harga ikan mujair yang terjangkau, maka nggak heran kan kalau ikan satu ini menjadi ikan konsumsi yang digemari masyarakat. Selain rasanya yang gurih dan harganya yang murah, ikan ini juga punya kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like